Puluhan Artefak Bersejarah Ditemukan di Ciawi

Posted by Unknown on 09.18.00

Sejumlah artefak ditemukan warga Kampung Mandala, Desa Margasari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya. Diduga artefak-artefak itu memiliki nilai sejarah tinggi karena disinyalir berusia lebih dari 200 tahun yang lalu.
Artefak yang ditemukan di antaranya jubleg (tempat menumbuk padi terbuat dari batu), palipisan (tempat membuat obat-obatan zaman dulu), serta sejumlah pusara makam dengan nisan batu berbentuk seperti roket. Ada juga pisin (piring kecil) serta pecahan mangkuk kecil porselen yang ditemukan beserta benda-benda tersebut.
Tokoh Kampung Mandala Totong Saprudin (47) mengatakan benda-benda bersejarah tersebut pertama kali ditemukan oleh kakeknya, Makmun, 25 tahun lalu di area persawahan yang tak jauh dari rumahnya. Namun karena warga tidak tahu maka benda-benda itu dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari mulai dari mengasah golok, menyuci, dan aktivitas warga lainnya.
"Warga di sini tidak tahu itu barang-barang apa sehingga dipakai untuk keperluan aktivitas sehari-hari,” ucapnya, Rabu (15/6/2016).
Warga baru tahu jika benda itu bernilai sejarah setelah ada fasilitator pembangunan jalan lingkungan yang datang ke desa mereka. Dia mengatakan jika benda-benda seperti jubleg dan peninggalan lainnya merupakan benda bersejarah. Sejak saat itu, dirinyabersama warga mulai mengumpulkan dan mendata benda-benda peninggalan tersebut agar tidak hilang dan dicuri orang.
Camat Ciawi Ade Sumanang mengaku sudah mengetahui keberadaan benda-benda bersejarah tersebut sejak lama. Hal itu ditindaklanjuti dengan melaporkannya ke dinas terkait supaya segera diteliti. "Sudah saya laporkan ke dinas terkait dan untuk mengetahui asal muasalnya harus menunggu tim dari arkeolog yang lebih paham,” tuturnya. 
Categories: